Berikut Cara yang Benar Mengatasi Luka Bakar Pada Anak

Mengatasi luka bakar pada anak memang membutuhkan penanganan yang tepat. Luka bakar pada anak memang biasa terjadi, sehingga orang tua tidak perlu cemas dan panik saat mengobatinya. Karena ketika orang tua panik maka anak juga akan ikutan panik. Yang terpenting dalam mengatasi luka bakar pada anak adalah mengenali kondisi luka anak terlebih dahulu. Beberapa jenis luka bakar memiliki tingkat sakit yang berbeda-beda.

Langkah awal yang perlu dilakukan adalah memahami penyebab dan tingkat parah luka bakar pada si kecil. Penyebab luka bakar pada anak bisa karena kontak langsung dengan benda panas maupun karena sengatan listrik. Ketika sudah mengetahui penyebabnya, bisa dengan segera menjauhkn benda yang menjadi penyebab luka bakar pada anak.

Berikut jenis-jenis luka bakar menurut tingkatannya:

  1. Luka Bakar Pada Anak Tingkat Pertama

Tingkat pertama luka bakar terjadi hanya di lapisan kulit bagian atas. Biasanya luka akan membengkak, memerah hingga nyeri. Hal ini disertai dengan kulit akan mengelupas setelah beberapa hari terjadinya luka bakar. Pada umumnya luka bakar anak pada tingkat pertama ini akan sembuh kurang lebih selama seminggu.

  1. Luka Bakar Pada Anak Tingkat Kedua

Kondisi luka bakar pada anak tingkat kedua ini lebih serius. Hal ini dikarenakan luka bakar melukai lapisan dermis atau lapisan kulit bagian bawah. Biasanya disertai dengan kulit melepuh dan sangat sakit. Luka bakar tingkat kedua juga memiliki proses penyembuhan yang berbeda dari tingkat pertama. Proses penyembuhan luka bakar tingkat kedua bisa berlangsung selama kurang lebih 3 minggu bahkan lebih.

  1. Luka Bakar Pada Anak Tingkat Ketiga

Luka bakat pada tingkatan ketiga ini adalah yang paling serius. Sebab jaringan kulit bagian bawah terluka. Pada luka bakar tingkat ketiga lebih sering membuat kulit menjadi kering dan berwarna lebih pekat, bisa putih hingga nampak hangus. Kerusakan jaringan kulit seringkali membuat beberapa saraf mati rasa hingga rasa sakit pada sekitar luka bakar.

Mengatasi luka bakar pada anak yang benar bisa dengan mengompres bagian luka bakar dengan es. Area luka pada anak sebaiknya disiram dengan air mengalir selama kurang lebih 5-10 menit. Hal ini juga untuk mengantisipasi kotoran yang menempel pada luka bakar.

Jika luka bakar anak hanya kecil dan bukan merupakan luka bakar tingkatan kedua atau ketiga, penangannnya sederhana, cukup dengan membalut luka dengan kain kasa steril lalu diamkan selama kurang lebih 24 jam. Hindari juga untuk memberikan bagian luka bakar pada anak dengan menggunakan pasta gigi maupun minyak. Namun jika luka bakar pada anak merupakan tingkatan kedua dan ketiga lebih baik memberikan paracetamol dalam dosis sesuai dengan anak untuk mengurangi rasa sakit dan nyeri.