Mengajarkan Anak Berkebun

Mengajak anak berkebun merupakan sebuah aktivitas yang sangat menyenangkan yang jangan sampai dilewatkan oleh para keluarga.

Dengan mengajak anak berkebun ini dapat membantu mengisi waktu luang serta membuat waktu anak menjadi lebih bermanfaat.

Selain itu mengajak anak berkebun dapat memberikan sederet manfaat kesehatan bagi anak. Karena dengan berkebun ini dapat memberikan berbagai stimulasi yang akan berhubungan dengan proses tumbuh kembang anak yang akan dibutuhkan nya. Lalu, apa saja sih manfaat yang akan didapatkan anak dari kegiatan berkebun ini?

  1. Mengasah Motorik Anak

Berkebun merupakan aktivitas fisik yang dapat membantu dalam mengasah kemampuan motorik anak. Ketika sedang berkebun anak akan melakukan kegiatan yang melibatkan otot serta koordinasi tubuh nya.

Memindahkan pot, menggali tanah, menyiram tanaman merupakan contoh kecil tindakan yang dapat mempengaruhi dan merangsang kemampuan motorik nya.

Anak yang kemampuan motorik nya diasah terus menerus dapat menjadikan anak yang sangat aktif. Dengan begitu sirkulasi darah, pernafasan serta postur tubuh nya pun akan menjadi semakin baik.

Merangsang kemampuan motorik anak ini juga dapat membantu meningkatkan kreativitas serta kecerdasan anak secara keseluruhan.

  1. Mempertajam Memori Anak Dan Mempertajam Fokus Anak

Manfaat mengajak anak berkebun selanjutnya ialah dapat mempertajam memori anak dan mempertajam fokus anak. Menurut beberapa peneliti menyatakan bahwa “anak yang menunjukkan kecenderungan ADHD akan dapat lebih fokus ketika berada di taman atau di luar ruangan yang serba berwarna hijau.

Selain itu juga berkebun dapat meningkatkan kewaspadaan dan kerampilan kognitif anak. Hal ini dapat terjadi karena berkebun termasuk pekerjaan yang cukup kompleks sehingga membantu anak untuk tetap tenang dan juga fokus.

Dalam memulai kegiatan berkebun bersama dengan anak, anda dapat mengawalinya dengan menyirami tanaman setiap sore hari.

Lalu perlahan mulailah mengajak anak untuk menanam tomat, menanam cabai dan mencoba menanam bunga. Dengan semakin seringnya anda dan si kecil menghabiskan waktu untuk bersama dalam melakukan berkebun ini maka akan semakin banyak pula waktu yang berkualitas dihabiskan bersama untuk menambah kedekatan antara orang tua dan anak.

  1. Mengajarkan Tanggung Jawab Kepada Anak

Mengajak anak berkebun dapat mengajarkan langsung anak untuk meningkatkan pentingnya tanggung jawab. Karena dengan kegiatan berkebun yang berkelanjutan ini dapat mengajarkan anak setelah menanam bibit mereka harus terus merawat tanaman yang di tanam secara telaten sampai tiba waktunya si tanaman siap untuk di panen.

Bila ingin mendapatkan hasil yang diinginkan maka bibit yang sudah ditanam ini perlu untuk dirawat dengan sedemikan rupa cara dan jangan ditinggalkan begitu saja.

  1. Mempererat Hubungan Antar Keluarga

Mengajak anak berkebun bersama dapat menjadi salah satu aktivitas yang dapat dilakukan oleh seluruh anggota keluarga. Dengan berkebun bersama ini dapat menjadikan kesempatan yang baik untuk berbagi waktu bersama dengan anggota keluarga  dan dapat melatih kemampuan komunikasi anak.